Elias Hj Idris
Shalat Dhuha adalah sahalat sunah Yang dikerjakan oleh seorang muslim pada waktu duha.Adapun waktu duha dimulai kira kira 2 jam 10 menit dari waktu subuh hingga menjelang waktu dzuhur. Shalat dhuha merupakan sarana untuk memohon rizki kepada Alloh SWT.

Hadis Rasulullah SAW terkait salat duha antara lain :
    “Barang siapa salat Duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)
    "Siapapun yang melaksanakan salat duha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (H.R Tirmidzi)
    "Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW salat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat." (HR Abu Daud)
    "Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,"Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang salat dhuha. Ia bersabda,?Salat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari)." (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)
    "Rasulullah bersabda di dalam Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan salat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)
    "“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)
    "Dari Abi Zar r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Setiap pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Tiap-tiap tasbih adalah sedekah, riap-tiap tahlil adalah sedekah, tiap-tiap takbir adalah sedekah, dan menganjurkan kebaikan serta mencegah kemungkaran itu sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua raka'at salat Dhuha.” (HR Muslim)
Tata Cara Pelaksanaan Shalat Dhuha :
Shalat Dhuha minimal dua rakaat dan maksimal duabelas rakaat, dilakukan secara Munfarid (tidak berjamaah). Pada intinya pelaksanaan shalat dhuha sama saja dengan shalat ketika shalat fardu yang membedakan hanya pada niatnya. Namun biar gak penasaran berikut tata cara shalat dhuha selengkapnya!

    Niat shalat dhuha didalam hati berbarengan dengan Takbiratul ihram :

http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.co.id/2014/09/tata-cara-dan-bacaan-doa-shalat-dhuha.html


“Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

“Aku niat shalat sunat dhuha
 
dua rakaat, karena Allah ta’ala
kemudian
    Membaca doa Iftitah
    Membaca surat al Fatihah
    Membaca satu surat didalam Alquran. Afdholnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam  dan rakaat kedua surat Al Lail 
    Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
    I’tidal dan membaca bacaannya
    Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
    Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya
    Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
    Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Bacaan Doa Sholat Dhuha

Pada dasarnya doa setelah salat duha dapat menggunakan doa apapun. Bahkan pernah tercatat Nabi SAW beristighfar seusai shalat duha dan dilanjutkan dengan doa lain.Namun Doa yang masyhur sebagai doa Shalat Dhuha adalah sebagai berikut.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin".

Artinya: “Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”. 

sumber : http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.co.id/
2 Responses
  1. Anonymous Says:

    SOLAT DHUHA TERSURAT MAKNANYA DLM SURAH ASY-SYAM,
    SURAH ASY-SYAM TERSIRAT DLM 44 MUKJIZAT MUQADDAM...

    Surah Asy-Syams - سورة الشمس

    Bismillah
    Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani.

    Demi matahari dan cahayanya yang terang-benderang;
    (Asy-Syams 91:1)

    Dan bulan apabila ia mengiringinya;
    (Asy-Syams 91:2)

    Dan siang apabila ia memperlihatkannya dengan jelas nyata;
    (Asy-Syams 91:3)

    Dan malam apabila ia menyelubunginya (dengan gelap- gelita),
    (Asy-Syams 91:4)


  2. Terima kasih tuan atas penjelasan tersebut. Tak terfikirkan pula...